SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )
Mata Kuliah (
Subject ) : PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
Semester : I ( Pertama )
SKS : 2 SKS
Pertemuan Ke- : I ( Pertama )
Waktu Pertemuan :
2 X 50 Menit
A.
Tujuan
1. Tujuan Instruksional Umum / TIU :
Setelah mengikuti mata kuliah ini Mahasiswa dapat memahami dan
membuat kalimat Direct dan Indirect Speech serta mampu menjawab pertanyaan
dengan pola indirect speech
2. Tujuan Instruksional Khusus / TIK :
a. Mahasiswa dapat memahami pola indirect
speech ( perubahan tenses,pronoun, dan adverb )
b. Mahasiswa dapat membuat kalimat langsung
c. Mahasiswa dapat membuat kalimat tidak
langsung
B. Pokok Bahasan :
Direct – Indirect Speech
C. Sub Pokok Bahasan :
1. Rules of Direct – Indirect Speech
2. Mengubah kalimat Direct kedalam kalimat
Indirect : statement,Interrogative,Command/Prohibition
D. Media/Metode :
Ceramah, Diskusi, Praktek, pemberian tugas
E. Alat/Bahan/Sumber
Belajar :
Handout, text
F.
Materi
No.
|
Modul
|
Pokok Bahasan
|
kompetensi
|
content
|
1
|
1
|
Direct Speech and Indirect Speech
|
v Memahami
pola Indirect Speech (perubahan tenses,pronoun,adverb)
v Membuat
kalimat langsung (direct speech)
v Membuat
kalimat tidak langsung (Indirect speech)
|
v Rules
of Direct-Indirect Speech
v Mengubah
kaliamt Direct kedalam kalimat Indirect : Statement, Interrogative,
Command/Prohibition.
|
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Tahap Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Metode Pembelajaran
|
Sarana / Alat Bantu
|
waktu
|
Pendahuluan
|
v Apersepsi
v Menjelaskan
kompetensi dasar pola Indirect Speech (perubahan tenses,pronoun,dan adverb)
|
Ceramah,dan memperhatikan
|
-
|
10 Menit
|
Penyajian
|
v Building
Knowledge of Field
ü Menjelaskan
konsep Direct-Indirect Speech
ü Menjelaskan
perubahan pronoun, tenses, adverb
v Modeling
Of Text
ü Dosen
memberikan contoh kalimat yang berbentuk Direct Speech dan kalimat yang
berbentuk Indirect Speech
v Joint Construction
ü Latihan
membuat kalimat yang berbentuk Direct speech dan kalimat yang berbentuk
Indirect speech secara kelompok
v Independent
Construction
ü Membuat
kalimat yang berbentuk direct speech dan kalimat yang berbentuk indirect
speech secara individu
ü Praktek
mengubah kalimat yang berbentuk direct menjadi kalimat yang berbentuk
indirect secara individu
|
Ceramah, diskusi
Modeling text
Praktek (group)
Praktek (individu)
|
Power point-LCD
|
80 Menit
|
Penutup
|
v Mengundang
komentar dan pertanyaan mahasiswa
v Bersama
mahasiswa membuat refleksi
v Memberikan
gambaran kuliah pertemuan berikutnya
v Closing
|
Memberikan komentar dan refleksi
|
-
|
10 Menit
|
H.
Evaluation / Penilaian
Tanya jawab dan Memberikan Tes Tertulis
1. Menjelaskan pola indirect speech (
perubahan tenses,pronoun, dan adverb )
2. Buatlah contoh kalimat langsung
3. Buatlah contoh kalimat tidak langsung
I.
Reference / Resources
A.J. Thomson dan A.V.Martinet,1981.A
Prctical English Grammar.Oxford :University Press.
A Team Of Writers.2001.English For
University Teaching. Badan penerbit UNDIP Semarang.
Betty Schruampfer A, Second edition.Understanding
and Using English Grammar. Binarupa Aksara
F. Nuryanto. Intisari Pola Kalimat
Bahasa Inggris. Jakarta : Azmedia Somachandra.
Raymond Murphy. 1998. English
Grammar In use. Cambridge University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar